Instal PRADO atau cakePHP

[postlink]http://caribahandi.blogspot.com/2009/12/instal-prado-atau-cakephp.html[/postlink]Sebelum kita mencoba kelebihan dari masing-masing Framework ini, ada baiknya kita menilik lebih jauh bagaimana siih perbedaan proses instalasi keduannya. Kita semua pasti tahu kedua Framework ini berbasis PHP, jadi jangan lupa untuk menyediakan PHP lengkap dengan Apache dan MySQL nya.

Awalnya saya coba menggunakan paket XAMPP 1.6.2, didalamnya ada Apache 2.2, PHP 5.2.2 dan MySQL 5.0.41. lumayan, versi terbaru. Tapi pas saya gunakan PRADO dan CakePHP keluaran terakhir, malah jadi error. Saya mencobanya dengan menggunakan PRADO 3.1.1 dan CakePHP 1.2.pre-beta. Errornya sama, seperti ini :
dan browser tidak menampilkan apapun.

Sampai pada akhirnya saya coba untuk mengganti server XAMPP dengan versi sebelumnya, XAMPP 1.5.1. Dan hasilnya stabil, kita bisa menggunakan PRADO dan CakePHP versi terbaru dengan baik. Berikut ini akan coba saya berikan pengalaman ketika akan menggunakan PRADO dan CakePHP.

Instalasi PRADO cenderung lebih mudah, bahkan saya tidak melakukan settingan apapun. Sesuai dengan manual yang dijelaskan PRADO, kita cukup meng-ekstrak paket PRADO pada webroot kita, dan PRADO pun siap digunakan. Kalaupun ada masalah, silahkan lihat manual atau forum PRADO.

Sedangkan untuk CakePHP, kita butuh usaha lebih. Hal awal yang harus dilakukan adalah meng-ekstak CakePHP 1.2 beta ke webroot anda. Setelah itu ikuti langkah-langkah berikut :
  1. edit http.conf dengan mengaktifkan mod_rewrite.so
  2. kemudian (masih di http.conf) pastikan direktori webroot (misal htdocs) telah memiliki setting seperti berikut :
    Options Indexes Multiviews,
    AllowOverride All,
    Order allow,
    deny Allow from all
    Untuk lebih jelasnya jangan lupa juga sedikit membaca komentar yang ada. Kemudian coba refresh browser anda, jika tampilan CakePHP menjadi lebih berwarna, maka anda telah berhasil.
  3. Sekarang tinggal menyelesaikan settingan, sesuai perintah yang tampil di browser anda. Untuk setting database cobalah edit file app/config/database.php.default dengan mengikuti petunjuk yang ada. Setelah itu save dengan nama database.php.
  4. Anda juga bisa mengubah nilai security.salt yang ada pada app/config/core.php, bebas dengan nilai apapun. Tapi tahapan setting ini tidak saya temukan pada versi CakePHP sebelumnya.
  5. Finish. CakePHP anda sudah bisa digunakan, walaupun mungkin masih ada settingan optional yang harus anda lakukan.
Mudah bukan ? hanya melalui 5 tahapan saja. Memang jika dibanding PRADO, CakePHP bisa jadi lebih rumit instalasinya. Tapi hal ini saya rasa belum cukup untuk menilai tingkat kesulitan dari kedua framework ini. Nyatanya kita tidak begitu kesulitankan dalam meng-install-nya.

Oks, masih ada satu permasalahan yang belum terjawab, yaitu tentang error yang terjadi karena XAMPP yang saya gunakan. Mudah-mudahan ada yang bisa bantu. Dan semoga tulisan ini bisa menjadi bahan pertimbangan anda untuk memilih framework yang akan anda gunakan.


Bisnis online untuk pemula
Cara paling mudah mengetahui bisnis online bagi pe
Menjadi Kaya Dari Internet
Dengan uang 200 rb, menghasilkan jutaan
Bisnis Tiket Pesawat (BTP)
Cek Harga, Booking dan Print Tiket Pesawat Bisa di
Saatnya Anda Berburu Dollar
EBook GRATIS + dapatkan $150 ke Rekening / PayPal
KEAJAIBAN DUNIA INTERNET
Buat web toko online,web reseller,web MLM 5 menit,
FORMULA JITU BISNIS via INTERNET
Dapatkan FORMULA RAHASIA dgn SISTEM OTOMATIS dari
WOW ! BARU GABUNG DAPAT 1,5 JUTA DALAM 1 HARI
Caranya Mudah dan Gaptek Tidak Masalah, Buktikan
Agen Taruhan Bola Indonesia
www.ManiakBola.com - Master Agent Betting online u
HANYA 50 Rb SISTEM PENGHASIL UANG OTOMATIS-NEW!
Cr Mudah Hasilkan Uang Dgn Sistem Uang Otomatis
HEBAT ! DALAM SEHARI SAYA SUDAH DAPAT Rp.5.115.206
Tanpa Kerja Cuma Mengetik 30 Menit. BUKTIKAN !
Pasang Iklan Baris Gratis
mau promosikan barang biar cepat laku? gratis ? di
ANDA PASTI MENDAPAT HASIL MELALUI INTERNET
tanpa membuat website, tanpa promosi, tanpa kerja
KumpulBlogger.com

0 komentar: